Info Pendidikan - Aritmetika: Apa Yang Dipelajari ?

Info Pendidikan - Aritmetika: Apa Yang Dipelajari ?
Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : EDUCATION Konsep Dasar Matematika

Aritmetika: Apa yang dipelajari ? – Hampir setiap detik kita sering dihadapkan dengan masalah-masalah perhitungan tambah, kurang, kali dan bagi bilangan-bilangan. Singkatnya, masalah-masalah dasar operasi bilangan sudah menjadi kebutuhan insan setiap hari. Masalah-masalah operasi dasar bilangan inilah yang dipelajari dalam bidang matematika yang disebut dengan aritmetika.Banyak orang juga salah mempersepsikan matematika sebagai Teori Bilangan.

Baca Juga: Teori bilangan: Apa yang Dipelajari ?

Aritmetika (yang dulu disebut dengan ilmu hitung juga sering salah dieja atau disebut aritmatika. Seperti yang dikutip dari Wikipedia, Aritmetika berasal dari kata bahasa Yunani arithnos = angka.

Operasi dasar aritmetika yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Operasi-operasi lain yang melibatkan keempat operasi ini juga masuk dalam bidang aritmetika. Tidak heran, perhitungan persentase, akar kuadrat, pemangkatan, dan logaritma juga sering dikategorikan masuk dalam bidang dari aritmetika.

Kemampuan aritmetika sangat penting dalam kehidupan serta penting untuk mempelajari bidang-bidang matematika yang lain. Berhubungan dengan aritmetika, matematisi ternama Carl Friedrich Gaus pernah menyampaikan bahwa :

Mathematics is the queen of sciences and arithmetic the queen of mathematics.( Matematika yaitu ibu dari ilmu pengetahuan. Aritmetika yaitu ibu dari matematika) .

Tidak heran jikalau bidang aritmetika merupakan bidang matematika pertama yang dipelajari siswa di sekolah dasar. Di sekolah dasar juga dipersiapkan transisi dari bidang aritmetika ke bidang aljabar.

Sebagai teladan di sekolah dasar sering ditemukan soal-soal aritmetika sebagai berikut:
 
....+ 3 = 5
...x 3 = 15

Masalah di atas berafiliasi dengan sesuatu yang belum diketahui jadi merupakan duduk kasus aljabar.

0 Response to "Info Pendidikan - Aritmetika: Apa Yang Dipelajari ?"