Info Isyarat Etik Mapala

Info Isyarat Etik Mapala
Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : EDUCATION info pendidikan

Kode Etik Dapat diartikan contoh aturan, tata cara, tanda, fatwa etis dalam melaksanakan suatu kegiatan atau pekerjaan. Sedangkan MAPALA (Mahasiswa pecinta alam) yaitu kelompok pecinta alam dalam ruang lingkup Mahasiswa suatu perguruan tinggi tinggi ataupun universitas.

 fatwa etis dalam melaksanakan suatu kegiatan atau pekerjaan INFO  Kode etik MAPALA

Mapala sendiri dapat dibilang yaitu suatu wadah bagi para mahasiswa sebagai daerah berguru menimba banyak sekali pengetahuan wacana bidang pecinta alam. Seperti survival, administrasi organisasi, pengetahuan wacana peta dan kompas, konservasi alam, administrasi perjalanan, leadership dan lain sebagainya.

Dilihat dari kegiatannya, acara pecinta alam dapat dibedakan dalam beberapa kategori :
kategori pertama yaitu mereka yang menyalurkan hobby dengan menggeluti alam bebas.  Kegiatannya mencakup pendakian gunung, panjat tebing, telusur gua, jelajah hutan, susur sungai dan lain  sebagainya.

kategori kedua yaitu mereka yang berorientasi pada evakuasi lingkungan hidup. Contoh kegiatannya penanaman mangrove, penangkaran tanaman dan fauna, operasi SAR, pengamatan sosial - ekonomi - budaya masyarakat dan lain - lain.

kategori ketiga yaitu adonan dari kategori pertama dan ketegori ke dua. Mereka selain menggeluti alam bebas, mereka juga berusaha melaksanakan evakuasi lingkungan hidup. sebagian mengartikan bahwa Pecinta alam artinya mengasihi segala sesuatu di sekitar kita. Alam berarti segalanya, baik benda hidup maupun benda tak hidup, yang ada di dunia ini. Elemen-elemen menyerupai Udara, tanah, dan air merupakan bab dari alam yang membantu kelangsungan hidup manusia. Demikian pula dengan tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia, mereka termasuk bab dari alam ini. Keberadaan mereka satu dengan yang lain saling mempengaruhi.

Kode etik Mapala

1. Mengabdi kepada Allah Yang Maha Esa.
2. Memelihara alam beserta isinya serta memakai sumber alam sesuai dengan kebutuhannya.
3. Mengabdi kepada Bangsa dan Tanah air.
4. Menghormati Tata Kehidupan yang berlaku pada masyarakat sekitar serta menghargai insan dan kerabatnya.
5. Berusaha mempererat tali persaudaraan antara Pecinta Alam sesuai dengan Azas Pecinta Alam.
6. Berusaha saling membantu serta menghargai dalam pelaksanaan dedikasi terhadap Tuhan, Bangsa dan Tanah air.

7. Selesai.

0 Response to "Info Isyarat Etik Mapala"