Info Etnografi Komunikasi

Info Etnografi Komunikasi
Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : EDUCATION Metode pembelajaran

Pengertian etnografi komunikasi
Etnografi komunikasi ialah salah satu metode penelitian bidang komunikasi yang beranjak dari paradigma interpretative dan konstruktivis. Metode ini fokus pada kajian mengenai contoh komunikasi yang dipakai oleh insan dalam suatu masyarakat. 
 Etnografi komunikasi ialah salah satu metode penelitian bidang komunikasi yang beranjak  INFO  Etnografi Komunikasi

Metode ini masih terbilang gres di indonesia, pada tahun 1962 dell hymes menggagas metode etnografi komunikasi. Metode ini konon lahir sebagai kritik dari ilmu linguistik yang lebih menekankan pada segi bahasa saja.

Simpel nya, etnografi komunikasi ialah pengkajian peranan bahasa dalam sikap komunikasi suatu masyarakat, yaitu cara-cara penggunaan bahasa pada masyarakat yang berbeda budaya. (Kuswarno, 2008:11). Etnografi komunikasi juga dapat dikatakan cabang dari ilmu antropologi yaitu etnografi berbahasa.
Menurut sejarah lahirnya, etnografi komunikasi tidak dapat bangkit sendiri. 

Dalam hal ini terperinci bahwa etnografi perlu derma dari disiplin ilmu lainnya menyerupai sosiologi, antropologi, filosofi dan sosiolonguistik. 

Kini etnografi komunikasi telah berkembang menjadi menjadi disiplin ilmu gres yang metekonstruksi sikap komunikasi dan kaidah sesungguhnya dalam kehidupan sosial yang sebenarnya.

0 Response to "Info Etnografi Komunikasi"