Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : EDUCATION Educations
Oleh: Wahyu Nur Hidayat , 2011
Aktivitas penelitian di aneka macam bidang ipteks secara substansi ditandai oleh empat hal , yaitu adanya upaya bersifat sistematik , adanya sesuatu hasil temuan , adanya kebermanfaatan dan adanya tindak lanjut penyebarluasan temuan (Mukhadis , 2013:70).
Upaya sistematik dalam konteks ini ditandai dengan adanya kejelasan langkah-langkah yang ditempuh secara eksplisit , terang dan lugas mulai dari penentuan problem hingga penarikan kesimpulan dan atau generalisasi (perampatan) dan dapat direplikasi oleh peneliti lain temuan (Mukhadis , 2013:70). Penelitian sebagai upaya sistematik memiliki arti bahwa untuk dapat memperoleh pengetahuan yang benar , penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode ilmiah oleh peneliti yang memiliki integritas ilmiah. Penelitian dilaksanakan berdasarkan teori-teori , prinsip-prinsip , serta asumsi-asumsi dasar ilmu pengetahuan dengan menggunakan kecerdikan sehat deduktif serta prosedur dan teknik sistematik.
Sebagai contoh , Creswell (2012:8-11) menyebutkan setidaknya terdapat 6 sistematika penelitian yaitu: (1) mengidentifikasi problem penelitian , (2) mencari literatur yang sesuai dan mendukung , (3) menspesifikkan tujuan penelitian , (4) mengumpulkan data , (5) menganalisa dan mengintepretasikan data , dan (6) membuat laporan dan evaluasi penelitian.
Gambar 1.1 Sistematika penelitian menurut (Sumber: Creswell , 2012:8)
Aspek temuan dari suatu penelitian dalam bidang Ipteks secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok besar , yaitu sebagai hasil ‘menemukan’ dan ‘mengembangkan’ (Mukhadis , 2013:70). Hasil penelitian dikelompokkan ke dalam kategori menemukan apabila dari problem , metode dan hasil penelitian tersebut memenuhi indikator aspek kebaruan dan belum pernah diteliti oleh peneliti lain sebelumnya. Sedangkan hasil penelitian dikatakan mengembangkan apabila temuan tersebut berupa penyempurnaan atau modifikasi dari aneka macam hasil penelitian sebelumnya yang berorientasi menghasilkan produk , yang memiliki nilai tambah yang dignifikan terhadap produk yang telah ada sebelumnya.
Kegiatan ilmiah untuk memperoleh pengetahuan yang benar sebagai penyempurnaan pengetahuan sebelumnya telah dilaksanakan oleh para peneliti dan ilmuan dalam bidang ilmunya masing-masing. Pengetahuan yang berupa fakta-fakta , konsep-konsep , generalisasi-generalisasi , dan teori-teori yang telah dihasilkan dari aneka macam penelitian itu merupakan sumbangan penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam aneka macam bidang. Disamping itu hasil penelitian juga telah memungkinkan insan dapat lebih baik memecahkan masalah-masalah praktis yang dihadapi dalam hidupnya.
Berikut akan dijabarkan secara kompleks perihal bentuk-bentuk aktual dari penelitian –pengertian beserta contohnya- antara lain:
a. Eksperimen
Penelitian eksperimental merupakan bentuk penelitian percobaan yang berusaha untuk mengisolasi dan melaksanakan kontrol setiap kondisi-kondisi yang relevan dengan situasi yang diteliti kemudian melaksanakan pengamatan terhadap efek atau pengaruh ketika kondisi-kondisi tersebut dimanipulasi. Dengan kata lain , perubahan atau manipulasi dilakukan terhadap variabel bebas dan pengaruhnya diamati pada variabel terikat. Menurut Emzir (2008:96-103) desain penelitian ekperimen dibagi menjadi empat bentuk yakni , pre-experimental design , true experimental design , quasy experimental design dan factorial design.
Contoh:
Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran TANDUR Berbantuan Web Interaktif Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII SMPN 3 Malang. (Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Malang Tahun Ajaran 2010/2011). (Sumber: perpustakaan Universitas Negeri Malang , skripsi tidak diterbitkan).
b. Deskriptif
Penelitian deskriptif ialah suatu metode penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada , yang berlangsung ketika ini atau ketika yang lampau. Penelitian ini tidak mengadakan manipulasi atau pengubahan pada variabel-variabel bebas , tetapi menggambarkan suatu kondisi apa adanya. Penggambaran kondisi mampu individual atau menggunakan angka-angka. (Sukmadinata , 2006:5)
Penelitian deskriptif , mampu mendeskripsikan suatu keadaan saja , tetapi mampu juga mendeskripsikan keadaan dalam tahapan-tahapan perkembangannya , penelitian demikian disebut penelitan perkembangan (Developmental Studies). Dalam penelitian perkembangan ini ada yang bersifat longitudinal atau sepanjang waktu dan ada yang bersifat cross sectional atau dalam penggalan waktu.
Contoh:
Manajemen Pengembagan Kinerja Guru SMK se-Kabupaten Kuningan: Studi Tentang Kepemimpinan Entrepeuneur Dan Sistem kompensasi Kreativitas dan Kinerja Inovatif. (Sumber: perpustakaan Universitas Negeri Malang , skripsi tidak diterbitkan).
c. Korelasional
Penelitian korelasi ialah suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan , apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Adanya hubungan dan tingkat variabel yang penting , karena dengan mengetahui tingkat hubungan yang ada , peneliti akan dapat mengembangkannya sesuai dengan tujuan penelitian. (Sukardi , 2003:166)
Penelitian korelasi merupakan bentuk penelitian untuk memeriksa hubungan diantara dua konsep. Secara umum ada dua jenis pernyataan yang menyatakan hubungan , yaitu: (1) gabungan antara dua konsep , ada semacam pengaruh dari suatu konsep terhadap konsep yang lain; (2) hubungan kausal , ada hubungan alasannya akibat. Pada hubungan kausal , penyebab diferensikan sebagai varibel bebas dan jawaban direferensikan sebagai variabel terikat. Pada penelitian korelasi tidak ada kontrol atau manipulasi terhadap variabel.
Contoh:
Hubungan Antara Penerimaan Diri dengan Kompetensi Interpersonal Pada Remaja (Studi korelasi pada cukup umur tunanetra yang mengalami ketunanetraan tidak semenjak dari lahir di PSBN Wyata Guna Bandung). (Sumber: repository.upi.edu).
d. Komparatif
Penelitian kausal komparatif atau penelitian ex post facto adalah penyelidikan empiris yang sistematis dimana ilmuan tidak mengendalikan variabel bebas secara pribadi karena keberadaan variabel tersebut telah terjadi. Pendekatan dasar klausa komparatif melibatkan kegiatan peneliti yang diawali dari mengidentifikasi pengaruh variabel satu terhadap variabel lainnya kemudian ia berusaha mencari kemungkinan variabel penyebabnya.
Penelitian komparatif membandingkan situasi masa lalu dan ketika ini atau situasi-situasi paralel yang berbeda , khusunya apabila peneliti tidak memiliki kontrol terhadap situasi yang diteliti. Penelitian ini mampu memiliki perspektif makro (misal: internasional ,nasional) dan mikro (misal: komunitas , individu).
Contoh:
Studi Komparatif Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menganalisis Rangkaian Listrik dan Elektronika Di SMKN 12 Bandung. (Sumber: repository.upi.edu).
e. Evaluasi
Penelitian evaluasi merupakan bentuk penelitian yang bertujuan untuk memriksa proses perjalanan suatu program sekaligus menguraikan fakta-fakta yang bersifat kompleks dan terlibat di dalam program. Misalnya ialah keefektifan , efisiensi dan kemenarikan suatu program (Mukhadis , 2013:61).
Contoh:
Evaluasi Proses Pembelajaran TIK SMA Negeri di Kota Malang Berdasarkan Pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses. (Deskriptif perihal kondisi proses pembelajaran mata pelajaran TIK SMA di Kota Malang Tahun Ajaran 2010/2011 dengan jumlah populasi 10 SMA Negeri dan sampel penelitian sebanyak 5 SMA Negeri). (Sumber: perpustakaan Universitas Negeri Malang , skripsi tidak diterbitkan).
f. Simulasi
Penelitian simulasi merupakan bentuk penelitian yang bertujuan untuk mencari gambaran melalui sebuah sistem berskala kecil atau sederhana (model) dimana di dalam model tersebut akan dilakukan manipulasi atau kontrol untuk melihat pengaruhnya. Penelitian ini menyerupai dengan penelitian eksperimental , perbedaannya ialah di dalam penelitian ini membutuhkan lingkungan yang benar-benar serupa dengan keadaan atau sistem yang asli.
Contoh:
Penggunaan Simulasi Monte Carlo Untuk Menentukan Nilai Outcome Pada Pengambilan Keputusan (Studi Kasus Pengambilan Keputusan pada Toko NAFC Collection). (Sumber: repository.upi.edu)
Penggunaan Simulasi Monte Carlo Untuk Menentukan Nilai Outcome Pada Pengambilan Keputusan (Studi Kasus Pengambilan Keputusan pada Toko NAFC Collection). (Sumber: repository.upi.edu)
g. Survey
Survey research designs are procedures in quantitative research in which investigators administer a survey to a sample or to the entire population of people to describe the attitudes , opinions , behaviors , or characteristics of the population. (Creswell , 2012: 376)
Penelitian survey digunakan untuk mengumpulkan data atau gosip perihal populasi yang besar dengan menggunakan sampel yang relatif kecil. Populasi tersebut mampu berkenaan dengan orang , instansi , lembaga , organisasi dan unit-unit kemasyarakatan dan lain-lain , tetapi sumber utamanya ialah orang. Desain survey tergantung pada penggunaan jenis kuisoner. Survey memerlukan populasi yang besar kalau peneliti menginginkan kesudahannya mencerminkan kondisi nyata , semakin besar sample survey semakin menawarkan hasil akurat. Penelitian survei memiliki tiga tujuan utama yaitu menggambarkan keadaan ketika itu , mengidentifikasi secara terukur keadaan sekarang untuk membandinkan , menentukan hubungan kejadian yang spesifik.
Contoh:
Stress and Burnout in Rural and Urban Secondary School Teachers. Journal of Educational Research. 1999. 92 , pg. 287–293. (dalam Creswell , 2012:378)
h. Studi Kasus
Sebuah studi kasus adalah eksplorasi mendalam dari sistem terikat (misalnya , kegiatan , acara , proses , atau individu) berdasarkan pengumpulan data yang luas. Studi kasus melibatkan investigasi kasus , yang dapat didefinisikan sebagai suatu entitas atau objek studi yang dibatasi , atau terpisah untuk penelitian dalam hal waktu , daerah , atau batas-batas fisik. Penting untuk memahami bahwa kasus dapat berupa individu , jadwal , kegiatan , sekolah , ruang kelas , atau kelompok. Setelah kasus didefinisikan dengan terang , peneliti menyelidiki mereka secara mendalam , biasanya menggunakan beberapa metode pengumpulan data , menyerupai wawancara , observasi lapangan , dan dokumentasi.
Studi kasus kolektif; (a) melibatkan beberapa kasus , (b) dapat terjadi selama bertahun situs , dan (c) menggunakan banyak individu. Kerangka konseptual untuk studi kasus ialah bahwa dengan mengumpulkan gosip mendalam perihal kasus , peneliti akan mencapai pemahaman mendalam perihal kasus ini , apakah kasus itu ialah seorang individu , kelompok , kelas , atau sekolah.
Contoh:
Butera , G. 2005. Collaboration in the context of Appalachia: The case of Cassie. The Journal of Special Education , 39(2): 106–116.
Butera (2005) menggunakan studi kasus dan data yang dikumpulkan melalui wawancara , observasi , dan dokumen untuk menggambarkan kolaborasi tim dengan anak 4 tahun di West Virginia. (Stoner , 2010: 21)
i. Teori Dasar (Grounded Theory)
Grounded Theory merupakan pendekatan yang memungkinkan peneliti untuk menyebarkan atau menemukan teori yang didasarkan pada studi fenomena. Dengan menggunakan grounded theory , peneliti sengaja (a) memilih akseptor yang mengalami fenomena yang sedang dipelajari , (b) menganalisis data (yaitu , wawancara , dokumen , dan catatan) , dan (c) mendekati fenomena yang diteliti tanpa prasangka pengertian. Kerangka konseptual ini memungkinkan bunyi akseptor muncul , mensyaratkan bahwa peneliti mengidentifikasi tema utama atau konsep dari data akseptor , dan menawarkan jalan untuk menyebarkan teori dari perspektif akseptor .
Most grounded theory researchers will begin with research questions but they do not start with a hypothesis , nor do they begin their investigation with a thorough review of the literature relating to their topic. They build up theory from their data and they do not wait until all data are collected before they begin the analysis stage. (Bell , 2005: 19)
Contoh:
Bays , D. A. , & Crockett , J. B. 2007. Investigating Instructional Leadership For Special Education. Exceptionality , 15(3): 143–161.
Pendekatan grounded theory digunakan oleh Bays dan Crockett (2007) untuk menyelidiki kepemimpinan instruksional untuk pendidikan khusus di sekolah dasar. (Stoner , 2010: 22)
j. Etnografi
Ethnographic researchers attempt to develop an understanding of how a culture works and many methods and techniques are used in this such us: participant observation , interview , mapping and charting , interaction analysis , study of historical records and current public documents , the use of demographic data. (Bell , 2005:16)
Etnografi ialah analisis mendalam dari kelompok sosial. Data biasanya dikumpulkan melalui observasi , wawancara , dan dokumen. Jenis penelitian ini berfokus pada membangun catatan perilaku dan kepercayaan dari kelompok dari waktu ke waktu. Etnografi mengharuskan peneliti berpartisipasi , baik sebagai pengamat atau akseptor aktif , waktu interaksi yang cukup lama dengan kelompok yang diteliti. Kerangka konseptual etnografi ialah bahwa keterlibatan pribadi ke dalam budaya kelompok akan memungkinkan peneliti untuk melihat dunia dari perspektif kelompok , dan melihat yang akan menawarkan pemahaman perihal perilaku dan keyakinan kelompok.
Contoh:
Harry , Klingner , & Hart. 2005. African American families under fire: Ethnographic views of family strengths. Remedial and Special Education , 26(2): 101–112.
Harry , Klingner , dan Hart (2005) menerbitkan sebuah studi etnografi siswa Amerika keturunan Afrika dalam pendidikan khusus di sebuah distrik sekolah beragam budaya perkotaan. (Stoner , 2010: 22)
k. Kultural
Penelitian kultural (budaya) merupakan penelitian yang dilakukan atas objek berupa unsur atau gejala budaya dengan menggunakan perangkat metodologis yang tercakup di dalam ilmu pengetahuan budaya. Unsur atau gejala budaya ialah unsur atau gejala yang terdapat di dalam suatu masyarakat yang berkaitan dengan perangkat nilai-nilai , pemikiran , dan hasil budi daya dalam bentuk interaksi antara masyarakat dengan lingkungannya atau segi hasil pemikiran atau kreasi anggotanya yang terungkap dalam wujud goresan pena atau benda-benda.
Contoh:
Identifikasi Ajen Budaya Sunda Dina Wawacan Jaka Bayawak.
(Sumber: repository.upi.edu).
l. Historis
Penelitian historikal merupakan bentuk penelitian yang memiliki tujuan untuk menggambarkan fakta dan menarik kesimpulan atas kejadian masa lalu. Data primer dari penelitian ini ialah data yang bersifat historis , misalnya para arkeolog menggunakan sumber data berupa dokumentasi perihal masa lalu. Penelitian historikal dapat digunakan untuk menemukan solusi sementara berdasarkan kejadian masa lalu dan menggambarkan tren masa kini atau masa depan.
Kothari (2004) mengategorikan jenis penelitian histori ke dalam dua pendekatan , yaitu pendekatan perspektif –mempelajari kegiatan/agenda masa lampau hingga sekarang- dan pendekatan retroperpektif –mempelajari kegiatan/agenda ketika ini kemudian dihubungkan dengan hal serupa di masa lalu-.
Contoh:
Seni Tradisi Gembyung di Kampung Ganceuy Kabupaten Subang 1975-1999 (Suatu Kajian Historis Terhadap Sosial Budaya Masyarakat). (Sumber: repository.upi.edu).
m. Etnologi
Penelitian etnologi merupakan penelitian yang fokus kepada perilaku manusia. Peneliti lebih condong menggunakan interpretasi pribadi dari perilaku subjek yang diteliti daripada melaksanakan interpretasi dari segi teoritik. Peneliti harus berusaha untuk tidak nampak sebagai peneliti , karena bila tidak demikian interpretasi atas data yang didapat dari responden akan terpengaruh.
Contoh:
Eufemisme Dalam Bahasa Simalungun (Suatu Kajian Sosiolinguistik) (Sumber: repository.usu.ac.id).
n. Penelitian Praktis (Penelitian Tindakan/Action Reasearch)
Action research designs often utilize both quantitative and qualitative data , but they focus more on procedures useful in addressing practical problems in schools and the classrooms. Action research designs are systematic procedures used by teachers (or other individuals in an educational setting) to gather quantitative and qualitative data to address improvements in their educational setting , their teaching , and the learning of their students (Creswell , 2012:577).
Penelitian tindakan merupakan bentuk penelitian yang berisi aneka macam macam prosedur untuk menguraikan kasus-kasus yang bersifat mikro atau khusus. Simpulan dari penelitian tindakan pribadi diberlakukan hanya untuk kasus yang diteliti dan tidak mampu digeneralisasikan. Penelitian tindakan lebih condok ke metode kualitatif yang sangat bergantung pada data penagamatan yang bersifat behavioralistik.
Contoh:
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Tentang Pemecahan Masalah Yang Melibatkan Uang Melalui Metode Simulasi (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III B SDN Cicadas 03 Gunung Putri Bogor). (Sumber: repository.upi.edu).
0 Response to "Penelitian Sebagai Upaya Sistematik Dalam Menemukan Dan Atau Mengembangkan Pengetahuan Yang Benar"