Pendidikan Karakter Bangsa

Pendidikan Karakter Bangsa
Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : EDUCATION Educations

  • Pengertian Pendidikan Karakter Bangsa

Tersirat dalam UU RI No 20 tahun 2003 ihwal Sistem Pendidikan Nasional; merumuskan fungsi dan tujuan pendidikan Nasional yang harus digunakan dalam menyebarkan upaya pendidikan di Indonesia pasal 3 UU Sikdiknas menyebutkan “Pendidikan Nasional berfungsi menyebarkan dan membantu watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa. Bertujuan untuk berkembangnya potensi, penerima didik semoga menjadi insan yang beriman yang bertakwa kepada Allah Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mampu berdiri diatas kaki sendiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Tujuan Pendidikan Nasional merupakan rumusan mengenai kualitas insan modern yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Oleh alasannya ialah itu rumusan tujuan pendidikan nasional menjadi dasar pengembangan pendidikan huruf bangsa. Untuk memudahkan wawasan arti pendidikan huruf bangsa perlu dikemukakan pengertian, istilah, pendidikan huruf bangsa.

Pendidikan adalah suatu perjuangan sadar dan sistematis dalam menyebarkan potensi penerima didik.

Karakter adalah nilai-nilai yang khas, baik watak, etika atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi banyak sekali kebijakan yang diyakini dan dipergunakan sebagai cara pandang, berpikir, bersikap, berucap dan bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.

Pendidikan Karakter adalah perjuangan sadar dan terjadwal untuk mewujudkan suasana serta proses pemberdayaan potensi dan pembudayaan penerima didik guna membangun huruf eksklusif dan/ atau kelompok yang unik baik sebagai warga negara.

Karakter Bangsa adalah kualitas perilaku kolektif kebangsaan yang khas baik yang tercermin dalam kesadaran, pemahaman, rasa, karsa, dan perilaku berbangsa dan bernegara sebagai hasil olah pikir, olah hati, olah rasa, karsa dan perilaku berbangsa dan bernegara Indonesia yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila, norma UUD 1945, keberagaman dengan prinsip Bhineka Tunggal Ika, dan komitmen terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

pendidikan-karakter-bangsa

  • Fungsi Pendidikan Karakter

Fungsi:

    • Pembentuk dan pengembang potensi: membentuk dan menyebarkan potensi penerima didik untuk berpikiran baik, berhati baik, dan berperilaku baik
    • Perbaikan dan penguatan: memperbaiki dan menguatkan tugas satuan pendidikan, masyarakat, dan pemerintah dalam mempertanggung jawabkan potensi penerima didik yang lebih bermartabat
    • Penyaring: menyaring/ memilih budaya bangsa Iain yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya dan huruf budaya yang bermartabat
  • Tujuan Pendidikan Karakter
    • Mengembangkan potensi hati nurani penerima didik sebagai insan dan warga negara yang memiliki nilai-nilai huruf bangsa
    • Mengembangkan kebiasaan dan perilaku penerima didik yang terpuji dan sejalan dengan nilai-nilai universal dan tradisi budaya bangsa yang religius
    • Mengembangkan kemampuan penerima didik menjadi insan yang mandiri, kreatif, berwawasan kebangsaan
    • Menanamkan jiwa keteladanan, kepemimpinan dan tanggung jawab penerima didik sebagai generasi penerus bangsa
    • Mengembangkan lingkungan sekolah sebagai lingkungan berguru yang aman, jujur, penuh kreativitas, persahabatan serta dengan rasa kebangsaan yang tinggi
  • Nilai-nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa
    • Agama: artinya masyarakat Indonesia ialah masyarakat beragama, sehingga nilai-nilai huruf bangsa harus didasarkan pada nilai-nilai dan kaidah yang berasal dari agama
    • Pancasila: artinya nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila menjadi nilai-nilai yang mengatur kehidupan politik, hukum, ekonomi, kemasyarakatan, budaya dan seni
    • Budaya: artinya nilai-nilai komunikasi antar masyarakat mengharuskan budaya menjadi sumber nilai dalam pendidikan huruf bangs
    • Tujuan pendidikan nasional: ialah sumber paling operasional dalam pengembangan pendidikan budaya dan huruf bangsa
  • Keterkaitan Nilai Karakter
    • Religius
    • Jujur
    • Toleransi
    • Disiplin
    • Kerja keras
    • Kreatif
    • Mandiri
    • Demokratis
    • Rasa ingin tahu
    • Semangat kebangsaan
    • Cinta tanah air
    • Menghargai prestasi
    • Bersahabat/ berkomunikasi
    • Cinta damai
    • Gemar membaca
    • Peduli sosia
    • Peduli lingkungan
  • Realisasi Pendidikan Karakter

Secara umum untuk mewujudkan pendidikan huruf bangsa dapat dilakukan melalui pendidikan formal, non formal, dan informal yang saling melengkapi dan mempercayai dan diatur dalam peraturan dan undang-undang. Contoh pada pendidikan formal:

Pendidikan formal dilaksanakan secara berjenjang dan pendidikan tersebut mencakup pada pendidikan umum, kejuruan, akademik, profesi, evokasi keagamaan dan khusus. Dalam pelaksanaan pendidikan huruf bangsa dapat dilakukan melalui jenjang pendidikan yang diimplementasikan pada kurikulum di tingkat satuan pendidikan yang memuat pelajaran normatif, adaptif, produktif, muatan lokal, dan pengembangan diri. Pendidikan huruf bangsa di sekolah yang diimplementasikan pada pendidikan pengembangan diri antara lain; melalui aktivitas kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, semisal : pengurus OSIS, Pramuka, PMR, PKS, KIR, Olahraga, Seni, Keagamaan dan lainnya. Dengan aktivitas ekstrakurikuler ini sangat menyentuh, mudah dipahami, dan dilakukan siswa sebagai bab penyaluran minat dan dilakukan siswa sebagai bab penyaluran minat dan bakat yang dapat dikembangkan sebagai perwujudan pendidikan huruf bangsa.


Sumber http://dedi26.blogspot.com

0 Response to "Pendidikan Karakter Bangsa"