Info Pendidikan - Reproduksi Generatif Pada Mamalia

Info Pendidikan - Reproduksi Generatif Pada Mamalia
Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : EDUCATION


Pada vertebrata yang hidup di air melaksanakan fertilisasi di luar badan (fertilisasi eksternal).
Contoh : ikan dan katak.
Yang hidup di darat melaksanakan pembuahan di dalam badan (fertilisasi internal).

Pada mammalia jantan, alat kelaminnya disebut penis pada reptil ibarat cecak dan kadal memakai hemipenis (penis palsu), sedang pada bangsa burung contohnya : bebek, untuk menyalurkan sperma memakai ujung kloaka.
Pada binatang yang melaksanakan fertilisasi internal dikenal adanya 3 macam perkembangan embrio



1. Ovipar/bertelur :....Bila embrio berkembang di dalam telur.....Misalnya : pada jenis-jenis burung dan ikan.
2. Ovovivipar/bertelur dan beranak :....Bila embrio berkembang di dalam telur yang diinkubasi dalam tubuh....dengan sumber nutrisi berasal dari telur.....Misalnya : pada beberapa jenis ikan hiu.

    3. Vivipar/beranak :....Bila embrio tumbuh dan berkembang di dalam uterus dan mendapat....nutrisi dari induknya melalui plasenya.
    ....Misalnya : pada beberapa jenis mammalia.

    Pada umumnya mammalia melahirkan anaknya (vivipar) dan kemudian menyusui anaknya hingga anaknya mandiri. Beberapa perkecualian, contohnya : pada binatang paruh angsa (Platypus), bertelur, sehabis menetas anaknya gres disusui. Pada binatang berkantung (Marsupialia), referensi : kanguru, anaknya lahir muda (amat prematur) kemudian merayap masuk, kantung induknya, mencari putting susu, kemudian menyusu dalam kantung hingga mandiri.


    1.
    Alat Reproduksi Mammalia Jantan
    Contoh : pada manusia.
    Yang berkaitan dengan produksi sperma terdiri dari sepasang kelenjar kelamin yang disebut testis yang disimpan dalam kantung disebut skrotum/kantung pelir. Di dalam testis terdapat saluransaluran halus yang disebut tubulus seminiferus yang merupakan kawasan pembentukan spermatozoa. Untuk keluar badan spermatozoa melewati saluran epididimis. Saluran ini kemudian melebar menjadi vas deferens yang bermuara pada uretra. Palo pertemuan uretra dengan vas deferens terdapat kelenjar prostat dan di sebelah belakangnya terdapat kelenjar cowper. Kedua kelenjar tersebut berfungsi menghasilkan sekret untuk memberi nutrisi dan mempermudah gerakan spermatozoa.
    2.
    Alat Reproduksi Mammalia Betina
    Contoh : pada manusia.Pada insan terdapat sepasang kelenjar kelamin ialah ovarium yang berfungsi menghasilkan sel telur. Dalam ovarium terdapat folikel Grad yang akan berubah menjadi sel telur (ovum). Ovarium dihubungkan dengan uterus (rahim) oleh suatu jalan masuk yang disebut tabung fallopii (Tuba fallopii). Uterus merupakan jalan masuk berongga yang lebih besar dengan bab ujungnya bersatu membentuk jalan masuk sempit ialah vagina.

    0 Response to "Info Pendidikan - Reproduksi Generatif Pada Mamalia"