Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : Bilangan Cacah Disain Pembelajaran Matematika I EDUCATION
Pengenalan Konsep dan Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah di Sekolah Dasar - Secara keilmuan matematika penjumlahan bilangan cacah bersesuaian dengan perhitungan banyak anggota penggabungan 2 (dua) himpunan benda menjadi sebuahhimpunan benda. Peragaan dengan gambar ialah sebagai berikut.
Makara secara visual (tampak mata) penjumlahan 5 + 2 = 7 bersesuaian dengan penggabungan 2 (dua) kelompok/kumpulan obyek (benda) dengan masing-masing kelompok/kumpulan benda berisi 5 anggota dan 2 anggota. Maka hasil gabungannya sama dengan 7.
Siswa diperlukan sanggup menyimpulkan bahwa.
a. Penjumlahan merupakan/bersesuaian dengan penggabungan dari dua kumpulan benda menjadi satu kumpulan benda
b. Penjumlahan menimbulkan kumpulan gres mempunyai banyak anggota yang melebihi banyak anggota masing-masing dari kedua kumpulan benda yang digabungkan.
Jika bilangan dipandang sebagai besaran panjang, maka operasi tambah bersesuaian dengan kata kunci disambung,. Peragaannya menyerupai pada gambar berikut.
Baca Juga: Pengenalan Procept Operasi Pengurangan Pecahan di Sekolah Dasar
Dengan melihat peragaan di atas kita sanggup menarik kesimpulan bahwa disambung risikonya menjadi panjang . Sehingga dari bentuk 4 + 2 = 6 secara umum sanggup diubah menjadi pendek dan sambung pendek risikonya sama dengan panjang. Petak kosong yang digambarkan dalam bentuk bayang-bayang hanya untuk mempermudah pemahaman saja, sedangkan arti bekerjsama ialah tidak ada.
Contoh
Hitunglah suku yang belum diketahui pada kalimat matematika 48 + ... = 112.
Jawab
a. Dengan Penalaran Gambar
Dengan melihat peragaan di atas kita sanggup menarik kesimpulan bahwa disambung risikonya menjadi panjang . Sehingga dari bentuk 4 + 2 = 6 secara umum sanggup diubah menjadi pendek dan sambung pendek risikonya sama dengan panjang. Petak kosong yang digambarkan dalam bentuk bayang-bayang hanya untuk mempermudah pemahaman saja, sedangkan arti bekerjsama ialah tidak ada.
Contoh
Hitunglah suku yang belum diketahui pada kalimat matematika 48 + ... = 112.
Jawab
a. Dengan Penalaran Gambar
Berdasarkan daypikir gambar pada gambar di atas, maka berarti
… = 112 – 48 =64.
… = 112 – 48 =64.
Dengan demikian, secara umum sanggup dituliskan hubungan antara penjumlahan dan pengurangan sebagai berikut.
a + b = c dengan a, b, dan c bilangan cacah, maka b = c – a dan a = c – b.
Peragaan 9+4 =13 memakai lidi atau sedotan ialah sebagai berikut.
Peragaan memakai alat peraga kantong plastik transparan sanggup ditunjukkan sebagai berikut.
Dengan cara pengenalan konsep dan mekanisme operasi penjumlahan menyerupai langkah langkah di atas maka diperlukan terbentuk pemahaman konseptual dan prosedural pada siswa di Sekolah Dasar.
Marsudi Raharjo, Endang Listyani & Sri Wulandari Danoebroto. 2016. Modul Guru Pembelajar: Modul Pelatihan SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi C. Profesional Kajian bilangan cacah dan statistika Di sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
0 Response to "Info Pendidikan - Pengenalan Konsep Dan Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah Di Sekolah Dasar"