Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : Buku Guru EDUCATION
Download Panduan Pembelajaran matematika dan PJOK Kurikulum 2013 SD Kelas Tinggi (Kelas4, 5 dan 6) – Secara umum kita ketahui bahwa proses pembelajaran di SD menurut Kurikulum 2013 memakai pendekatan tematik terpadu. Namun demikian, Pada perkembangannya, untuk kelas tinggi (IV, V, dan VI) mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dipisahkan dari Buku Tematik Terpadu. Alasan pemisahan mata pelajaran matematika ialah bahwa muatan matematika yang teritegrasi dalam buku tematik sangat dangkal sehingga siswa tidak mendapat konsep matematika secara mendalam.
Alasan tersebut sanggup dijelaskan sebagai berikut.
DownloadPanduan Pembelajaran matematika dan PJOK Kurikulum 2013 SD Kelas Tinggi
- Matematika mempunyai karakteristik objek kajian dan metode yang berbedadengan mata pelajaran lain. Objek kajian matematika bersifat abstrak, metodeuntuk melaksanakan kajian terhadap objek matematika bersifat deduktif, tentunya dengan tidak mengabaikan pengembangan kecakapan 4 C (Critical, Creative, Colaboratif, Dan Communication).
- Kebermaknaan pembelajaran matematika di SD/MI salah satunya sanggup ditingkatkan melalui pembelajaran matematika dalam konteks dunia kasatmata siswa. Pembelajaran dengan mengambil konteks kehidupan kasatmata tersebut sanggup dicapai melalui pembelajaran tematik terpadu.
- Kebermaknaan pembelajaran merupakan energi bagi peningkatan motivasi mencar ilmu siswa, dikala motivasi sudah dimiliki pembelajaran tidak harus selalu dikaitkan dengan dunia nyata/tema, alasannya ialah pembelajaran matematika dengan tema mempunyai keterbatasan dalam mengakomodir struktur dan konten matematika secara utuh. Oleh alasannya ialah itu, dikala konteks sudah diperoleh, pembelajaran Matematika sanggup dilakukan dengan pemahaman konsep matematika secara utuh.
- PJOK mempunyai karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain. Objek kajian PJOK berupa gerak, pembelajaran PJOK banyak dilakukan melalui mengobservasi dan mencontoh, kemudian melatihkannya secara berulang, tentunya dengan tidak mengabaikan pengembangan kecakapan 4C (Critical, Creative, Colaboratif, Dan Communication).
- Kebermaknaan pembelajaran PJOK di SD/MI salah satunya sanggup ditingkatkan melalui pembelajaran PJOK dalam konteks dunia kasatmata siswa, hal ini salah satunya sanggup dilakukan melalui pembelajaran tematik.
- Kebermaknaan pembelajaran merupakan energi bagi peningkatan motivasi mencar ilmu siswa. Namun dikala dikaitkan dengan tema, terdapat beberapa bahan Panduan Pembelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pembelajaran PJOK yang mempunyai keterbatasan dalam mengakomodir struktur dan konten PJOK secara utuh. Oleh alasannya ialah itu, tidak semua bahan yang berkaitan dengan KD sanggup diakomodir secara cukup oleh buku tematik.
- Pembelajaran PJOK banyak dilakukan dengan gerakan anggota badan yang harus dimulai dengan pemanasan terlebih dahulu, sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama.
- Banyak gerakan-gerakan dalam pembelajaran PJOK yang tidak dipahami sepenuhnya oleh guru kelas, sehingga sanggup menyebabkan cedera bagi siswa.
- Pada umumnya pembelajaran PJOK menyebabkan siswa berkeringat, sehingga mengganggu proses pembelajaran lain jikalau terintegrasi.
- Untuk memberdayakan keberadaan guru mata pelajaran PJOK yang tersedia hampir di semua SD.
DownloadPanduan Pembelajaran matematika dan PJOK Kurikulum 2013 SD Kelas Tinggi
0 Response to "Info Pendidikan - Unduh Panduan Pembelajaran Matematika Dan Pjok Kurikulum 2013 Sd Kelas Tinggi (Kelas4, 5 Dan 6)"