"ALHAMDULILLAH", KATA YANG SINGKAT NAMUN BERJUTA MANFAAT

"ALHAMDULILLAH", KATA YANG SINGKAT NAMUN BERJUTA MANFAAT
Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : EDUCATION Tips

Rezeki-berkah.com ~ Kata "Alhamdulillah" merupakan kata dalam bahasa Arab yang berarti segala puji bagi Allah. Kata ini juga merupakan salah satu kata yang mengungkapkan rasa syukur terhadap segala kenikmatan yang telah diberikan oleh Allah kepada kita sebagai makhluk ciptaannya. Kita tidak bisa mengelak terhadap berbagai macam kenikmatan yang telah Allah berikan kepada kita. Selain rezeki, ternyata nikmat Allah banyak yang belum kita sadari. Misalnya nikmat bernafas, kenikmatan ini sering kita lupakan karena dianggap sesuatu yang biasa. Namun sebenarnya Nafas yang kita hembuskan setiap saat itu adalah merupakan kenikmatan yang tak bisa dinilai dengan harta kekayaan yang sangat banyak. Apalah artinya harta kekayaan jika kita sudah tidak bisa bernafas lagi???
Dalam surat Arrahman kita banyak diingatkan oleh Allah untuk bersyukur, disitu terdapat beberapa ayat yang artinya "Maka, Nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan". Ayat tersebut muncul berulang-ulang kali di dalam surat tersebut. Ini mengisyaratkan bahwa betapa pentingnya ungkapan syukur kita terhadap semua nikmat yang telah diberikan oleh Allah. Bersyukur bisa direalisasikan dalam bentuk lisan dan perbuatan. Dalam bentuk lisan kita cukup mengucap "Alhamdulillah", dan dalam implementasinya di dalam perbuatan tentu banyak cara yang bisa kita lakukan, misalnya beribadah tepat waktu, berdo'a, melakukan amal kebaikan, menyisihkan harta kekayaan kita bagi orang yang membutuhkan, dan masih banyak lagi amalan-amalan sholeh yang merupakan salah satu wujud dari rasa syukur kita.
Dalam kehidupan sehari-hari, ungkapan syukur baik dalam bentuk lisan maupun perbuatan sangatlah penting. Janji Allah dalam sebuah ayat di dalam kitab suci Al-Qur'an yang artinya kurang lebih seperti ini "Bersyukurlah, maka akan Kutambah nikmatmu". Kaitannya dengan kata Alhamdulillah, terkadang kita lupa untuk mengucapkannya ketika kita mendapat rezeki yang kecil. Padahal, sekecil apaun rezeki yang kita peroleh patut kita syukuri, karena sebenarnya nikmat yang telah kita peroleh bukan hanya rezeki yang sedikit tersebut, namun dibalik itu semua banyak nikmat Allah yang lebih besar yang tidak kita sadari. Ya, kita kadang tidak sadar bahwa nikmat sehat merupakan nikmat yang sangat besar, tanpa adanya nikmat sehat kita tidak akan bisa mencari rezeki yang lebih dari rezeki yang telah kita peroleh. Kesimpulannya kata "Alhamdulillah" merupakan salah satu kunci kita untuk untuk membuka kenikmatan-kenikmatan Allah yang lainnya yang mungkin lebih besar dari apa yang telah kita peroleh sekarang. Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi saya khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya.

0 Response to ""ALHAMDULILLAH", KATA YANG SINGKAT NAMUN BERJUTA MANFAAT"