HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2 MEI - Pendidikan Merupakan Jalan Terang Menuju Perubahan

HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2 MEI - Pendidikan Merupakan Jalan Terang Menuju Perubahan
Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : EDUCATION Educations

Rezeki-berkah.com ~ Jerih payah Ki Hajar Dewantara untuk memperjuangkan pendidikan di Indonesia pada masanya merupakan tolok ukur bagi kaum pendidik dimasa sekarang, selain beliau ada juga tokoh pendidikan yang lain misalnya Ibu Kartini dengan semboyannya " Habis Gelap Terbitlah Terang ". semboyang tersebut sangat erat kaitannya dengan dunia pendidikan. Bahkan semboyan tersebut juga dipakai oleh bangsa luar, terbukti bangsa luar juga menggunakan istilah zaman pencerahan dalam sejarahnya, artinya sebelum zaman pencerahan tersebut berarti telah berjalan zaman kegelapan.
              Pada saat ini, di Indonesia pendidikan merupakan suatu keharusan bagi warga negaranya. Wajib  Belajar Pendidikan Dasar (WAJARDIKDAS) yang awalnya hanya 6 tahun sekarang ditambah menjadi 9 tahun. Dengan demikian kesadaran pemerintah akan pentingnya pendidikan bagi perkembangan dan kemajuan suatu negara. Negara Indonesia yang merupakan Negara berkembang harus lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusianya jika ingin bersaing dengan negara lain. Salah satu jalannya adalah dengan pendidikan, karena pendidikan merupakan lentera yang akan menerangi dan menunjukan jalan terhadap suatu perubahan.
               Terlepas dari peran pemerintah dalam upaya meningkatkan pendidikan di Indonesia, peran pendidiklah yang paling patut untuk ditingkatkan. Pendidik merupakan senjata utama bagi pemerintah untuk memompa kualitas pendidikan di suatu negara. Pendidik haruslah berkualitas, dalam artian memiliki kredibilitas dan profesionalitas dalam mendidik tunas-tunas bangsa yang akan menjadi agen perubahan dimasa yang akan datang. Kesadaran pemerintah akan pentingnya pendidik telah dibuktikan dengan adanya Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) yang tujuannya tiada lain untuk meningkatkan profesionalisme dari pendidik tersebut. Tujuan pemerintah memberikan tunjangan tersebut adalah pendidik lebih fokus memberikan pelayanan pendidikan kepada siswanya secara total.
                 Memang tidak selamanya materi merupakan faktor utama untuk mendorong profesionalisme seorang pendidik. Kegigihan Oemar Bakri seharusnya menjadi bahan renungan bagi pendidik dimasa sekarang. Kredibilitasnya dalam dunia pendidikan patut diacungi jempol, karena tanpa diiming-imingi tunjangan beliau mencurahkan hidupnya untuk pendidikan. Dengan sepeda bututnya dia mampu menciptakan perubahan di dunia pendidikan. Maka dari itu sebutan pendidik yang profesional pada zaman sekarang ini harus dibuktikan dengan berbagai macam perubahan yang positif, sehingga negara kita akan lebih maju di masa yang akan datang. Maju terus pendidikan karena hakikat dari pendidikan adalah membawa perubah. "Inovasi Tak Akan Mati" Selamat Hari Pendidikan Nasional

0 Response to "HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2 MEI - Pendidikan Merupakan Jalan Terang Menuju Perubahan"