Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknik dan Kejuruan (Vocational dan Technical Education)

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknik dan Kejuruan (Vocational dan Technical Education)
Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : EDUCATION Educations

Hasil Resume Buku

Curriculum Development in Vocational and Technical Education
Oleh Wahyu Nur H

Kurikulum dapat didefinisikan sebagai akumulasi dari kegiatan pembelajaran dan pengalaman di bawah naungan sekolah. Untuk pengembang kurikulum diberikan dua konsep pendukung tambahan. Pertama , sentra dari kurikulum ialah siswa. Konsep pendukung kedua berkaitan dengan luasnya pengalaman dan kegiatan yang bekerjasama dengan kurikulum belajar. Pada definisi kurikulum yang lebih luas , harus diperhatikan bagaimana kegiatan mencar ilmu dan pengalaman harus bekerjasama dengan studi yang telah dipilih.


Kurikulum merupakan banyak sekali pengalaman siswa di lingkungan sekolah , aba-aba berfokus pada penyampaian pengalaman-pengalaman. Lebih khusus , aba-aba dapat dianggap sebagai interaksi yang direncanakan antara instruktur dan siswa yang (semoga) menghasilkan pembelajaran yang diinginkan. Sebuah deskripsi singkat dari pengembangan kurikulum dan pengembangan instruksional harus membantu dalam mengklarifikasi perbedaan-perbedaan pendapat. Pengembangan kurikulum berfokus terutama pada konten dan bidang yang terkait yang meliputi makro atau kegiatan berbasis luas yang berdampak pada aktivitas yang luas , kursus , dan pengalaman siswa. Bahkan , kurikulum harus mendefinisikan misi institusi dan tujuan. Kegiatan kurikulum biasanya dilakukan sebelum dan pada tingkat lebih tinggi dari pengembangan instruksional. Sebaliknya , pengembangan instruksional lebih merupakan kegiatan mikro yang dibangun pada pengembangan kurikulum melalui perencanaan dan persiapan pengalaman mencar ilmu tertentu dalam program.

A.  KARAKTERISTIK KURIKULUM KEJURUAN DAN TEKNIK
Meskipun pendidikan kejuruan dan teknik termasuk dalam keseluruhan kerangka pendidikan , kurikulum kejuruan dan teknik memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dari pendidikan lainnya. Pembeda kurikulum pendidikan kejuruan dengan pendidikan lainnya dilihat dari:

  1. Orientasi: Kurikulum kejuruan dan teknik berorientasi pada proses (pengalaman dan aktifitas dalam lingkungan sekolah) dan produk (hasil dari proses pengalaman dan aktifitas siswa).
  2. Justifikasi: Kurikulum kejuruan dan teknik dibuat dan dikembangkan berdasarkan identifikasi kebutuhan  kerja dan sumber daya yang tersedia di tempat tertentu.
  3. Fokus: Tidak  seperti kurikulum pendidikan lainnya , kurikulum pendidikan kejuruan diidentifikasikan menurut kebutuhan di tempat tertentu. Lebih ditekankan kepada kebutuhan pencarian tenaga kerja di tempat tersebut , atau lapangan pekerjaan yang sedang dibutuhkan. Dan diharapkan menerima pekerjaan setelah lulus dan mengisi kekosongan lapangan pekerjaan.
  4. Standar keberhasilan di sekolah: Pelajar akan diberi peran dan kegiatan oleh instruktur dalam pembelajarannya yang akan memiliki kegunaan untuk dunia kerja.
  5. Standar keberhasilan setelah sekolah: Selain dinilai berhasil dalam melanjutkan ke jenjang sekolah lebih tinggi , mantan siswa SMK harus menunjukkan keberhasilan mereka dalam dunia kerja. Karena lulusan SMK sudah menerima pembelajaran lebih mendalam pada suatu kompetensi keahlian daripada lulusan dari sekolah umum.
  6. Responsif: Setiap perkembangan gres dalam banyak sekali bidang harus dimasukkan ke kurikulum sehingga lulusan SMK dapat bersaing dalam pekerjaan dan mereka akan mendapat nilai tambah alasannya ialah sudah pernah magang.
  7. Logistik: Menyatukan  fasilitas yang ada dalam satu inventaris yang di atur penataan dan perawatannya. Menyediakan laboratorium untuk penempatan inventaris dan pelatihan.
  8. Biaya: Biaya yang dikeluarkan untuk pendidikan kejuruan lebih besar daripada pendidikan lain. Beban biaya tergantung dari pembelian , perawatan , pemeliharaan , penggantian peralatan , dll.


B.   SISTEM TERPADU KURIKULUM PENDIDIKAN KEJURUAN 
Fokus utama dari Sistem Terpadu bagi Kurikulum Pendidikan Kejuruan ialah pengelompokan isi kurikulum inti yaitu , teknis dan aplikasi , dan pengelompokan isi kurikulum khusus yaitu , teknis dan aplikasi. Kinerja Berbasis Desain Instruksional. Sistem meliputi tujuh komponen , yang masing-masing menunjukkan kontribusi terhadap perkembangan aba-aba bermakna. Satu output komponen menjadi masukan untuk komponen berikutnya , dengan demikian manfaat kumulatif berasal yang mengambil bentuk peningkatan kemampuan penerima didik.

Model Kurikulum Tematik menekankan penciptaan kurikulum yang mempertemukan pengalaman mencar ilmu seputar tema mencakup dan domi¬nan. Dalam desain kurikulum ini , "semua aspek" dapat berfungsi sebagai taktik yang memiliki kegunaan untuk memastikan bahwa tema termasuk pengalaman mencar ilmu dalam banyak sekali industri dan bidang , kekhawatiran , persoalan , dan pengetahuan dan keterampilan teknologi.

C.   STRATEGI PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Keputusan dibagi menjadi 2 macam yaitu keputusan kebijakan dan keputusan operasional. Keputusan kebijakan terdiri dari penetapan saran , tujuan pendidikan , perumusan banyak sekali prosedur dan banyak sekali taktik pelaksanaan pendidikan. Sedangkan keputusan operasional berupa keputusan yang tertuang dalam manajemen supervisi , evaluasi , pengembangan kurikulum , penerapan kurikulum dan manajemen evaluasi kurikulum.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengambilan keputu-san tingkat satuan pendidikan antara lain:

  1. Sekolah mengacu kepada kebijakan-kebijakan nasional , provinsi , dan kota/kabupaten.
  2. Merumuskan kebijakan-kebijakan suplemen yang berkaitan dengan ciri khas tempat dengan cacatan tidak bertentangan dengan kebijakan nasional.
  3. Dalam penetapan kebijakan secara yuridis , sekolah dapat memilih dan menetapkan sendiri pengembangan kurikulum , menyerupai kurikulum muatan local dan dapat pula bekerja sama dengan dunia usaha/industri (DU/DI).
Faktor-faktor yang menghipnotis pengambilan keputusan diantaranya: (1) keputusan tidak hanya mempertimbangkan aspek ekonomi , tetapi juga harus mempertimbangkan pemikiran yang harus dimiliki oleh pihak yang terkait dengan proses pendidikan; (2) pemikiran dari siswa , pandangan dari guru , staf , lembaga pendidikan , tokoh masyrakat , dan yang paling penting ialah pemikiran yang dimiliki oleh pengambil keputusan; dan (3) kalau pengambil keputusan tidak menunjukkan pemikiran dan pengaruh yang mereka miliki , maka keputusan yang diambil secara tidak sadar dibuat semata-mata atas perasaan pengambil keputusan dengan sedikit atau tanpa kepedulian terhadap orang lain yang akan terpengaruh oleh keputusan tersebut.

D.   PENILAIAN PROGRAM PENDIDIKAN KEJURUAN MODERN DAN TEKNIK PROGRAM PENDIDIKAN

  1. Standarisasi Test: Salah satu pendekatan untuk menilai minat kerja dari sekelompok besar siswa ialah menyamakan standar tes yang digunakan. Hal ini sangat membantu kalau beberapa tingkatan kelas yang berbeda yang akan diamati. Tes tersebut juga dapat digunakan untuk alat yang efektif dalam perencanaan kurikulum.
  2. Standart Test Bakat: Tes bakat didapatkan dari kemampuan siswa untuk mencar ilmu dari buku atau tugas-tugas yang diharapkan di sekolah. Beberapa tes bakat yang dapat diberikan ialah tes kematangan mental , tes kemampuan mental , dan tes kecerdasan. 
  3. Standar Tes Prestasi: Tes prestasi mengukur hasil mencar ilmu siswa dalam suatu sekolah , sedangkan tes bakat lebih banyak digunakan untuk memprediksi kinerja siswa untuk kedepannya.

0 Response to "Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknik dan Kejuruan (Vocational dan Technical Education)"