Peran Guru dalam Pembelajaran Kooperatif

Peran Guru dalam Pembelajaran Kooperatif
Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : Berita Pendidikan EDUCATION Educations

Peran guru dalam pembelajaran kooperatif (cooperative learning) yakni sebagai fasilitator, mediator, director-motivator, dan evaluator.

Sebagai fasilitator seorang guru harus memiliki sikap-sikap sebagai barikut:

1. Mampu menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan

2. Membantu dan mendorong siswa untuk mengungkapkan dan menjelaskan impian dan pembicaraannya baik secara individual dan kelompok

3. Membantu kegiatan-kegiatan dan menyediakan sumber atau peralatan serta membantu kelancaran belajar

4. Membina siswa supaya setiap orang merupakan sumber berguru yang bermanfaat bagi yang lainnya

5. Menjelaskan tujuan aktivitas pada kelompok dan mengatur penyebaran dalam pertukaran pendapat

Sebagai mediator guru berperan sebagai penghubung dalam menjebatani mengaitkan materi pembelajaran yang sedang dibahas melalui pembelajaran kooperatif dengan permasalahan yang kasatmata ditemukan di lapangan. Peran ini sangat penting dalam menciptakan pembelajaran bermakna (meaningful learning), yaitu istilah yang dikemukakan Ausubel untuk menunjukkan materi yang dipelajari memiliki kaitan makna dan wawasan dengan apa yang sudah dimiliki siswa sehingga mengubah apa yang menjadi milik siswa

Sebagai director-motivator guru berperan dalam membimbing serta mengerahkan jalannya diskusi, membantu kelancaran diskusi tapi tidak menawarkan jawaban. Selain itu juga menjadi pemberi semangat pada siswa untuk aktif berpartisipasi. Peran ini sangat penting dalam rangka menawarkan semangat dan mendorong berguru kepada siswa dalam berbagi keberanian siswa baik dalam berbagi keahlian dalam berafiliasi yang meliputi mendengarkan dengan seksama, berbagi rasa empati, maupun berkomunikasi ketika bertanya, mengemukakan pendapat atau memberikan permasalahannya.

Sebagai evaluator guru berperan dalam menilai aktivitas berguru mengajar yang sedang berlangsung. Penilaian ini tidak hanya pada hasil, tapi lebih ditekankan pada proses pembelajarannya. Penilaian dilakukan baik secara perorangan maupun kelompok. Alat yang digunakan dalam evaluasi selain bentuk tes sebagai alat pengumpul data juga berbentuk catatan observasi guru untuk melihat aktivitas siswa di kelas.

Info Pendidikan Sumber:

Info Pendidikan Isjoni. 2011. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta


Sumber http://dedi26.blogspot.com

0 Response to "Peran Guru dalam Pembelajaran Kooperatif"