theinfopendidikan.com 8 TANDA KECERDASAN

theinfopendidikan.com 8 TANDA KECERDASAN
Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : EDUCATION Educations



• Kemampuan dan kecerdasan individual tiap anak di kelas anda di carikan solusi aktivitas apa yang kira-kira cocok dalam aktivitas pembelajaran
• Siswa merasa aman dan nyaman berekspresi dengan kecerdasan mereka sendiri.
• Terdapat pendekatan yang seimbang dalam mengakomodir seni rupa, tari, dan musik yang dimasukkan ke dalam aktivitas berguru dan mengajar bidang mata pelajaran pokok menyerupai sain, ilmu sosial, matematika, dan bahasa.
• Kurikulum di sekolah dan lembaga sekolah anda anda mengakui dan memperlihatkan ruang bagi untuk pengembangan kecerdasan yang berbeda
• Kecerdasan yang berbeda mendorong penilaian yang otentik di kelas anda
• Prestasi dan pencapaian yang dihasilkan oleh tipe kecerdasan yang berbeda dianggap memiliki tingkat posisi yang sama oleh sekolah dan komunitas sekolah
• Siswa memahami proses berguru mereka sendiri dan kecerdasan yang berbeda-beda diantara sobat dan diri mereka sendiri
• Kelas di sekolah anda menggunakan sumber daya dari luar menyerupai pembicara tamu dan lain sebagainya
Silahkan anda membaca kecerdasan apa saja yang dikatakan oleh Howard Gardner pada situs ini. Tulisan ini akan memperlihatkan kelengkapan semoga anda lebih mantap dalam mengajar siswa dengan banyak sekali macam kecerdasan.
1. Kecerdasan Bahasa (Verbal)
Ciri-ciri kecerdasan ini :
• bisa berfikir secara sistematis,
• senang berdebat dan berargumentasi, membaca,, mendengar, menulis,
• bisa mengeja dengan mudah
• mengingat dengan detail dari sebuah hal
• suka permainan kata misalnya teka teki silang dan lain-lain
• percaya diri ketika berbicara di muka publik.
Kegiatan berguru dan penugasan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini :
• meminta siswa bercerita, mengeja.
• adakan forum debat dan diskusi.
• bermain permainan ingatan perihal nama dan tempat.
• membaca dan menulis cerita, menulis resensi buku atau membuat kliping
• permainan teka-teki, atau yang permainan yang berafiliasi dengan kosa kata
• minta siswa mewawancarai seseorang mengenai suatu topik
• minta siswa membuat pajangan kelas atau majalah kelas,
2. Kecerdasan tipe Matematis (Logis)
Ciri-ciri kecerdasan ini :
• berpikir secara abstrak
• menyukai aktivitas berhitung
• bekerja dengan cermat dan menyukai ketepatan dalm melaksanakan sesuatu
• memiliki catatan yang teratur
• berfikir dengan logis
• senang pelajaran komputer
• pemecah problem yang baik
Kegiatan berguru dan penugasan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini :
• perbanyak peran yang melibatkan kemampuan memecahkan masalah
• peran tamat topik dilakukan dengan komputer
• minta siswa mengkategorikan fakta dan informasi serta menemukan referensi dan hubungan-hubunga
• kenalkan pada siswa tahap -tahap dalam pengerjaan tugas.
3. Kecerdasan Visual (Spasial)
Ciri-ciri kecerdasan ini :
• senang menggambar dan melukis
• baik dalam membaca peta dan diagram
• senang permainan puzzles atau jigsaw
• berpikir sambil berimajinasi
• mudah mengingat berdasar gambar
Kegiatan berguru dan penugasan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini :
• upayakan untuk menggunakan banyak gambar, peta pikiran, diagram, peta coretan dan simbol, ketika belajar
• integrasikan pembelajaran seni dan computer pada pelajaran lain
• jadikan kelas anda semenarik mungkin dengan banyak pajangan
4. Kecerdasan Musikal (Ritmik)
Ciri-ciri kecerdasan ini :
• sensitif terhadap nada, irama, kekuatan-emosi music, komposisi dan warna nada
• relegius.
Kegiatan berguru dan penugasan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini :
• menggunakan alat music atau bernyanyi bersama
• gunakan lagu sebagai alat bantu menjelaskan konsep yang sulit
• membuat nada dering, lagu melalui telepon genggam atau kompter
5. Kecerdasan Kinestetis (tubuh)
Ciri-ciri kecerdasan ini :
• siswa mempunyai kontrol tubuh, respon dan refleks yang baik
• suka membuat prakarya atau pekerjaan tangan
• tidak bisa diam
Kegiatan berguru dan penugasan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini :
• sedapat mungkin aktivitas pembelajaran banyak melibatkan anggota tubuh
• gunakan gerakan atau ajak siswa memperagakan sesuatu sebagai alat bantu menjelaskan konsep yang sulit (dramatisasi)
6. Kecerdasan Interpersonal
Ciri-ciri kecerdasan ini :
• pandai bernegosiasi, berhubungan, membaca pikiran dan maksud hati orang lain
• suka berteman, dan melaksanakan aktivitas bersama
• bisa menjadi mediator dalm perselisihan antar teman
• dapat menyesuaikan dengan keadaan
Kegiatan berguru dan penugasan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini :
• melaksanakan aktivitas berguru berkelompok
• waktu istirahat yang efektif dan fleksibel semoga mereka bisa bersosialisasi
• perbanyak aktivitas yang berafiliasi dan berkomunikasi antar pribadi
7. Kecerdasan Intrapersonal
Ciri-ciri kecerdasan ini :
• sudah punya motivasi diri, nilai diri, tujuan hidup,
• sudah menyadari kemampuannya, kekuatan dan kelemahan sendiri
Kegiatan berguru dan penugasan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini :
• banyak melaksanakan diskusi yang mendalam dan tanya jawab
• setiap selesai mengerjakan peran minta siswa melaksanakan refleksi dalam hati. Siswa bisa menuliskan apa yang dialami dan rasakan selama proses pembelajaran berlangsung. Sumber http://meylina-naini.blogspot.com

0 Response to "theinfopendidikan.com 8 TANDA KECERDASAN"