TEKNIK MELAKUKAN PRESENTASI

TEKNIK MELAKUKAN PRESENTASI
Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : EDUCATION Educations



Hambatan Jaga Penampilan Terbaik, Tepati Waktu, Akhiri Presentasi dengan Baik


a.       Jaga Penampilan yang Baik
Wajah orang yang tersenyum menimbulkan rasa senang dan simpati dari orang yang melihatnya. Anda akan terlihat ramah dan percaya diri apabila anda tersenyum relaks. Sebelum mulai berbicara tersenyumlah dengan hangat kepada pendengar anda.
Dalam suatu presentasi dapat terjadi kesalahan atau gangguan teknis yang tidak perlu membuat anda menjadi panik. Anda harus selalu siap dan selalu membayangkan kalau terjadi gangguan seperti itu, langkah selanjutnya (contingency plan) apa yang harus dilakukan. Tetap tenang dan senyum, bernapas dalam dan kedengaran tidak gugup, lakukan adaptasi presentasi anda. Konsentrasilah pada gagasan yang akan anda sampaikan.  

b.      Tepati Waktu
Mulai dan akhiri persentasi anda tepat pada waktunya. Apabila masih ada yang belum hadir, tetapi jumlah yang datang sudah memadai, mulailah dengan memperkenalkan diri. Kalau anda menunggu lebih lama lagi untuk yang lain, orang yang telah datang awal dan tepat waktu akan merasa tidak dihargai bahkan ‘dihukum’.
Oleh karena itu, usahakanlah untuk membahas hal-hal penting pada awal pertemuan, jangan menunggu sampai saat-saat terakhir.
c.       Akhiri Presentasi dengan Baik  
Berikan kesimpulan atau penegasan kembali gagasan utama presentasi sebagai penutup. Ada beberapa cara untuk mengakhiri presentasi dengan baik, misalnya dengan mendorong peserta untuk melakukan suatu tindakan setelah mendengarkan presentasi anda. Anda bisa juga mengakhirinya dengan retorika yang tepat dan relevan dengan tujuan presentasi anda.
Selanjutnya anda dapat menggunakan kata-kata penutup, seperti ‘sampai disini diskusi kita, dan sampai bertemu lagi,’ dan sebagainya.

0 Response to "TEKNIK MELAKUKAN PRESENTASI"