Info Media Pembelajaran Infografik Bagi Penerima Didik

Info Media Pembelajaran Infografik Bagi Penerima Didik
Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : EDUCATION media pembelajaran

Media Pembelajaran merupakan kepingan penting dalam proses pembelajaran. Kali ini penulis akan share perihal media pembelajaran infografik sebagai alternatif dalam penggunaan media pembelajaran baik itu di kelas maupun di luar kelas. 

Infografik
Infografik ialah gambaran-gambaran visual yang mewakili gagasan atau informasi sesuatu. Pada penggunaan nya infografik bisa berupa tabel, gambar-gambar, daftar ceklist, ataupun sketsa data dari suatu informasi. Pada pada dasarnya infografik ialah media visual yang ditujukan untuk mempermudah transfer informasi melalui bentuk-bentuk visual. 

 merupakan kepingan penting dalam proses pembelajaran INFO  Media Pembelajaran infografik bagi Peserta didik

Penggunaan infografik
Pada dasarnya infografik biasa dipakai dalam presentasi-presentasi yang tentu saja untuk mempermudah penyaji dalam memberikan suatu gagasan atau informasi. Infografik awalnya menampilkan informasi perihal suatu data dalam bentuk grafik-grafik yang didesain khusus. Namun dalam perkembangannya infografik dipakai secara luas serta dikembangkan dengan bermacam-macam bentuk dan tujuan tertentu sesuai dengan kebutuhan sang penyaji. Saat ini infografik dipakai tak hanya dalam presentasi-presentasi saja, terlebih lagi dengan perkembangan dunia internet menyerupai kini ini. Infografik disajikan dengan bentuk-bentuk unik dan menarik, penuh warna serta lebih dalam dalam menyajikan suatu data. 

Infografik sebagai media pembelajaran
Sebagai media pembelajaran, infografik sanggup dipakai sebagai alternatif media pembelajaran baik itu didalam kelas maupun di luar kelas. Bentuk-bentuk infografik yang unik dan menarik bisa menarik minat siswa dalam mendalami pembelajaran. Di dalam kelas, Seorang guru bisa memakai infografik untuk menyajikan bahan pembelajaran dalam bentuk visual untuk menunjukkan pembelajaran yang lebih bermakna. sedangkan di luar kelas, para guru bisa memakai infografik dalam akun-akun sosial media atau blog khusus guru yang membahas bahan pembelajaran di luar jam belajar. 

 merupakan kepingan penting dalam proses pembelajaran INFO  Media Pembelajaran infografik bagi Peserta didik

kelebihan dan kelemahan infografik sebagai media pembelajaran
kelebihan infografik sebagai media pembelajaran
1. Menampilkan gagasan-gagasan rumit dalam bentuk yang lebih simpel dan sederhana
2. Menarik minat siswa sebab mempunyai bentuk-bentuk unik serta warna-warna indah
3. Bisa dipakai dalam pembelajaran tak hanya didalam kelas tetapi juga di luar kelas
4. Tampilan infografik yang modern dan elegan membentuk gambaran faktual bagi media pembelajaran
5. Murah biaya bahkan ada situs khusus yang bisa menciptakan infografik secara gratisan
6. Tampilan infografik bisa diadaptasi dengan ke inginan guru sesuai dengan keadaan dan fakta-fakta yang ada dilapangan
7. sangat efektif untuk mata pelajaran IPS, sejarah, biologi, PKN, Bahasa indonesia dan mata pelajaran lainnya yang mempunyai banyak cakupan informasi dan pengetahuan. 
kita tak bisa menampik keberadaan teknologi canggih, yang perlu kita lakukan ialah mengarahkannya ke arah yang lebih positif
kelemahan infografik
1. Dibutuhkan kemampuan komputerisasi 
2. Dibutuhkan eksplorasi yang mendalam dalam proses pembelajaran
3. Untuk pembelajaran tertentu menyerupai matematika dan IPA fisika penggunaan infografik terbatas pada materi-materi tertentu saja. 
4. Tidak efektif untuk menyebarkan skill-skill khusus pada suatu mata pelajaran.

Infografik dalam pembelajaran Terpadu
Dalam pembelajaran terpadu infografik bisa dipakai sebagai media pembelajaran. Aktivitas diskusi kelompok, Penyajian materi, penugasan terstruktur dan acara lainnya dari pembelajaran terpadu bisa dilakukan dengan infografik. 

Infografik vs grafik organiser
Jika dicermati secara seksama sebetulnya antara infografik dan grafik organiser tidaklah jauh berbeda. Hanya saja ada ciri khas khusus yang memang terdapat pada infografik yaitu gagasan-gagasan yang disampaikan lebih kepada bentuk penyajian data. sedangkan grafik organiser lebih kepada suatu gagasan yang saling terkait saja dan hanya terbatas dalam menginformasikan sesuatu. simpelnya grafik organiser itu lebih akrab dengan mind maping sedang kan infografik lebih akrab dengan slideshow. 

kesimpulan
Perkembangan teknologi canggih menyerupai kini ini menuntut perkembangan media pembelajaran yang canggih pula. Terlebih menyerupai masa ponsel pandai kini ini, tentu diharapkan media pembelajaran yang juga mobile menyerupai ponsel. ciri nya : gampang digunakan, murah biaya, bisa diakses dimana saja, dan yang paling utama ialah mempunyai tampilan yang menarik.

Semoga bermanfaat ya. Jaya terus pendidikan indonesia.

0 Response to "Info Media Pembelajaran Infografik Bagi Penerima Didik"