Info Tari Bedana Sebagai Seni Bernafaskan Islam Di Lampung

Info Tari Bedana Sebagai Seni Bernafaskan Islam Di Lampung
Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : EDUCATION wisata lampung

Tari bedana merupakan bentuk tari tradisional yang hidup dan berkembang di kawasan lampung, sekaligus merupakan pencerminan tata kehidupan masyarakat yang harus dipelihara, dibina dan dikembangkan ialah tari bedana.

Tari bedana merupakan tari tradisional kerakyatan kawasan lampung yang mencerminkan tata kehidupan masyarakat lampung sebagai perwujudan simbolis adat istiadat, agama dan etika yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat lampung.

Menurut sejarah sob, konon kabarnya tari bedana ini hidup dan berkembang di kawasan lampung seiring dengan masuk nya agama islam. Sehingga tidak mengherankan bila tarian bedana mempunyai beberapa kesamaan ragam serta gerak dari tarian daerah-daerah lainnya di indonesia. 

Fungsi tari bedana
Di kawasan lampung sendiri Tari bedana ini merupakan tarian yang biasa di lakukan oleh cowok dan pemudi di lampung yang berfungsi sebagai tari pergaulan. ibarat kawasan lainnya, tari zapin atau jepen serta tari dana yang berasal dari sumatera selatan. 

 merupakan bentuk tari tradisional yang hidup dan berkembang di kawasan lampung INFO  Tari Bedana sebagai seni bernafaskan islam di lampung
Tari bedana Lampung

Kostum penari tarian bedana
kostum penari pria
1. kikat akinan/peci/ikat kepala
2. kawai teluk belanga
3. kain bidak gantung
4. bulu saratei

kostum penari wanita
1. penekan rambut
2. sanggul malam
3. gaharu kembang
4. kembang melati
5. subang giwir
6. bulan temanggal
7. bebitting
8. gelang kano
9. kawai kurung
10. tapis

Alat musik pengiring yang dipakai dalam tarian Bedana
1. Gambus lunik
2. ketipung
3. Karenceng
4. Gong kecil

Hingga hari ini hasil karya dan nilai budaya yang di wariskan pendahulu kita masih saja menciptakan dunia terkesima. Sedangkan para jago warisnya yang hidup dimasa sekarang lebih menentukan membisu untuk tidak peduli
Nilai-nilai yang terkandung dari tari Bedana
Jika kita bicara soal nilai-nilai budaya yang terkandung dalam tari Bedana ini, tentu saja mengandung aneka macam hal faktual yang sanggup kita ambil sob. ibarat nilai moral, budaya, sosial, serta nilai lainnya. Jauh berbeda kalau kita bandingkan dengan dance-dance modern. Bukan berarti saya antipati terhadap dance modern ala barat loh....hanya saja memang tak sanggup dipungkiri bahwa seni tari yang berasal dari indonesia mempunyai bobot yang tinggi. ibarat tari Bedana ini, Di lihat dari nilai etika dan estetika, tari bedana menggambarkan pergaulan sampaumur muda mudi yang benar-benar sarat akan moral. Para penari berpasangan laki-laki dan perempuan dengan gerakan yang mengutamakan kesopanan dan peradaban yang tinggi. Gerakan-gerakan lincah dan rumit menggambarkan jiwa sampaumur yang aktif dan produktif. Ditambah lagi dengan kostum menawan yang sarat akan nafas islam, wah...wah...benar-benar hebat negeri ini. Jauh berbeda dengan dance-dance modern ala barat yang kostumnya serba mini ibarat pakaian zaman batu. Gerakannya pun sama sekali tidak menggambarkan kebudayaan modern bahkan lebih ibarat gerakan ekplorasi pasangan yang dimabuk kasmaran. jauh dari nilai-nilai budaya, jauh dari nilai-nilai moral. 

Kesimpulan
1. Tari beda merupakan tari tradisional kerakyatan yang telah berakar serta suatu hasil budaya yang bernafaskan islam, yang dimiliki oleh masyarakat lampung, sebagai simbol tradisi yang luas wacana pandangan hidup serta alam lingkungan yang ramah dan terbuka.

2. Merupakan kesenian rakyat yang mempunyai nilai budaya yang tinggi yang sanggup dijadikan cara menginterpretasikan pergaulan, persahabatan, kasih sayang yang lapang dada dan dilakukan dari generasi ke generasi.

0 Response to "Info Tari Bedana Sebagai Seni Bernafaskan Islam Di Lampung"