Info Ciri-Ciri Kerikil Bacan Sintetis

Info Ciri-Ciri Kerikil Bacan Sintetis
Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : EDUCATION hobi batu cincin dan permata

Booming kerikil akik belakangan ini memang tidak seramai tahun-tahun sebelumnya. Meskipun demikian bagi para penghobi kerikil cincin, hal tersebut tidak lah mensugesti ke cintaan mereka pada kerikil akik. Dari sekian banyak jenis kerikil mulia ataupun akik, jenis bacan masih menjadi incaran para kolektor. Bahkan jikalau sebelumnya demam bacan hanya terjadi di kota-kota besar, kali ini demam bacan hampir merata terjadi di seluruh kawasan indonesia. Secara otomatis hal ini tentu memicu oknum-oknum badung untuk berbuat curang. Batu bacan sintetis yang beredar bahkan sangat sulit di bedakan dengan yang aslinya.

Terkait dengan hal tersebut, kali ini penulis akan share perihal ciri-ciri kerikil bacan sintetis yang beredar di pasaran. 
1. Ukuran berat
Jika sobat hendak membeli kerikil bacan, sebaiknya sobat timbang kerikil bacannya saja tanpa memakai rangka cincin. Batu bacan sintetis terasa ringan dan sangat tidak sesuai dengan kerikil se ukurannya. Modus yang paling banyak terjadi ialah kerikil bacan sintetis sudah di ikat dengan embannya. sehingga ketika di timbang terasa berat, padahal berat tersebut bukan dari kerikil nya tetapi dari berat embannya.

2. Gelembung
Perhatikan gelembung yang terdapat pada kerikil bacan. Batu bacan sintetis biasanya terdapat gelembung. Usahakan untuk melihat serat kerikil dengan microskop kecil atau beling pembesar. Batu bacan yang asli, jikalau di senter dan di lihat dengan beling pembesar akan terlihat serat nya meskipun sedikit dan tidak ada gelembungnya. 

 Booming kerikil akik belakangan ini memang tidak seramai tahun INFO  Ciri-ciri Batu Bacan Sintetis

3. Harga
Hati-hati jikalau sobat sekalian bertemu dengan kerikil bacan super tapi berharga miring. Batu bacan yang orisinil hampir merata di seluruh kawasan indonesia berharga mahal. Terlebih lagi untuk kerikil bacan super harganya luar biasa mahal. 

4. Hindari jual beli melalui internet
Meskipun jual beli online mulai berkembang di indonesia tetapi untuk dosis negara ini masih belum bisa dibilang profesional. Tidak sedikit para penghobi yang tertipu akhir jual beli online. Mereka kehilangan jutaan bahkan puluhan juta hanya dalam beberapa menit saja. kalaupun anda ingin memakai sistem online, sebaiknya memakai toko online lokal khusus kawasan anda saja, sehingga anda bisa lihat pribadi dan transaksi tatap muka.

5. Uji lab
Meskipun sepele tetapi uji lab terbukti bisa meminimalisir tingkat kecurangan pada transaksi jual beli. Hal ini terjadi pada seorang teman saya ketika beliau transaksi beliau mengajak si penjual untuk uji lab, dan si penjual tiba-tiba membatalkan transaksinya. padahal teman saya sudah menunjukkan biaya uji lab beliau yang tanggung tetapi si penjual tetap saja menolak. Dari sini saja kita tahu bahwa si penjual ketakutan, tentu saja alasannya ialah kerikil nya palsu.

6. Uji bakar
Ada hal praktis yang mungkin bisa sobat coba ketika membeli kerikil bacan, terutama jikalau kerikil nya sudah di ikat dengan emban cincin. caranya yaitu dengan uji bakar. Batu bacan sintetis jikalau di bakar akan menjadi hitam mutung menyerupai plastik terbakar. sedangkan bacan yang orisinil tak akan besar lengan berkuasa apa-apa.

supaya bermanfaat ya

0 Response to "Info Ciri-Ciri Kerikil Bacan Sintetis"