Info Kesalahan Ketika Membeli Kerikil Bacan

Info Kesalahan Ketika Membeli Kerikil Bacan
Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : EDUCATION hobi batu cincin dan permata

Batu bacan masih menjadi primadona watu mulia atau watu akik di indonesia. Apapun jenis nya, entah itu bacan palmea, bacan doko ataupun bacan obi tetap saja diburu oleh banyak penghobi watu akik. Meskipun hobi watu akik mulai terlihat surut tetapi musim terhadap watu bacan masih dapat bertahan sampai ketika ini. Disaat demam watu mulia sedang tinggi-tinggi nya tidak sedikit para penghobi yang menghabiskan jutaan bahkan puluhan juta rupiah hanya untuk berburu watu bacan.

 Batu bacan masih menjadi primadona watu mulia atau watu akik di indonesia INFO  Kesalahan ketika membeli watu bacan

Awalnya saya tidak pernah percaya bahwa ada orang yang rela menghabiskan puluhan juta rupiah hanya untuk membeli watu bacan. Tetapi rupanya hal ini benar-benar terjadi. Seorang sobat pernah bertutur dongeng bahwa ia sudah menghabiskan 20-30 an juta rupiah, itupun hasil nya masih kurang memuaskan. Dan usut-punya usut ternyata sobat tersebut melaksanakan kesalahan ketika membeli watu bacan. Sengaja penulis rangkum kesalahan-kesalahan tersebut sebagai pembelajaran untuk kita semua.

1. Membeli materi bacan doko murah
Siapa yang tidak tergiur dengan barang murah????terlebih dengan materi watu bacan doko yang super murah. Harapannya sih...si watu bacan akan berproses lantas dapat di jual lagi dengan harga tinggi atau hanya sekedar penghias di jari. Tetapi faktanya tidaklah demikian, materi bacan yang kita beli dengan harga murah aktual nya ketika di asah banyak bolongnya, banyak kapurnya, atau bahkan sama sekali tidak ada yang dapat di jadikan cincin. Nah...inilah yang mendorong rasa ingin tau untuk membeli lagi. ketika kita beli lagi.....hasilnya pun sama tidak dapat memuaskan hati. Begitu terus berulang-ulang sampai tidak terasa kita sudah mengeluarkan uang puluhan juta rupiah. Jika sobat penghobi benar-benar suka dengan watu bacan sebaiknya sobat membeli watu bacan yang sudah jadi, yah minimal kualitasnya sudah tidak di ragukan lagi. Memang harga nya tidak mengecewakan merogoh kantong sob....tapi sesuai dengan hasilnya sob. 

2. Berharap materi bacan proses dengan cepat
Seorang sobat sebab ingin berhemat membeli materi bacan yang sedang proses. Dia berkata bahwa bacan proses nya cepat. so...daripada beli yang mahal mendingan beli yang murah. Nyatanya sehabis beberapa bulan si watu bacan prosesnya lambat. Akhirnya ia beli lagi yang sudah ada kristalnya sedikit, mungkin pikiran ia sudah positif jadi nieh....nyatanya ya sama aja.....karena kesel alhasil beli yang sudah jadi. Padahal kalo kita pikir-pikir mestinya dari awal beli yang sudah jadi aja. so dapat lebih berhemat bukan. yang terang begini sob....secepat-cepatnya proses sebuah watu tetap butuh waktu sampai bertahun-tahun. watu gitu loh.........lah wong di alam saja butuh puluhan sampai ratusan tahun. apalagi bila sudah di asah ya tambah usang lah. jangan pernah percaya kalo watu dapat proses lebih cepat ketika kena keringat atau sering dipakai. itu cuma alasan pedangang watu semoga cepat laris sob....hehehehehe

3. Bukan sebab hobi tetapi latah ikut-ikutan
Jika anda membeli watu bacan dasarnya bukan hobi sebaiknya anda urungkan saja niat tersebut. Jika tidak maka uang anda dapat ngucur begitu saja tanpa ada alasan yang jelas. sejatinya penghobi watu akik memang suka dan hobi sama watu akik. so....apapun batunya yang namanya penghobi yang penting sreg ya niscaya di beli, meskipun jenis batunya watu biasa ya tetap aja di beli. berbeda dengan orang yang dasarnya hanya ikut-ikutan ataupun latah. Nah....orang yang latah inilah, ketika orang lain pake watu A, ia beli watu A. ketika orang beli watu B ia ikut beli watu B. Akhirnya ludes uang nya untuk beli sesuatu yang aktual nya ia sendiri tidak suka. Orang begini biasanya lebih gampang kena tipu pedagang batu. 

4. Hasrat pamer
Rambut boleh sama hitam, tapi pemikiran orang siapa yang tahu???jika kita bicara soal watu akik tentu motif yang paling fundamental kenapa seseorang ikut-ikutan pake watu cincin yakni hasrat pamer. Jika motifnya pamer ya sudah niscaya ujung nya adu-adu pake watu cincin paling mahal. padahal sebelum booming watu menyerupai kini ini, penggunaan watu akik bekerjsama lebih kepada tambahan jari saja. sedangkan para kolektor mengkoleksi watu akik lebih kepada menyalurkan hobi terhadap keindahan batu. 

salam santun. semoga bermanfaat ya

0 Response to "Info Kesalahan Ketika Membeli Kerikil Bacan"