Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : EDUCATION Educations
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
Muatan: Bahasa Indonesia
|
|
|
3.9 Merinci
kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat
tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa
daerah.
|
|
4.9
Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri,
keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk
lisan dan tulisan
|
Muatan : PJOK
|
|
|
3.1
Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional.
|
|
4.1
Mempraktikkan prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
|
C. TUJUAN
·
Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan
lurus ke satu arah dengan tepat.
·
Dengan permainan sederhana, siswa dapat bekerjasama dengan teman.
·
Dengan bermain “cerita teman”, siswa dapat mengikuti aturan sebuah
permainan.
·
Setelah bermain “cerita teman”, siswa dapat mengingat nama lengkap dan
panggilan teman saat memperkenalkan satu teman kepada teman yang lain.
D. MATERI
·
Berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
·
Permainan ”cerita teman” dapat melatih kerjasama dengan teman dan dapat
mengingat nama lengkap dan panggilan teman saat memperkenalkan satu teman
kepada teman yang lain.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
|
15 menit
|
|
Kegiatan
Inti
|
A. Ayo Berlatih
1.
Pada awal pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa mereka akan bermain
di luar kelas.\
2.
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, perempuan dan laki-laki
terpisah.
3.
Guru meminta setiap kelompok berdiri membentuk satu barisan ke
belakang. Siswa di setiap kelompok berdiri sambil memegang pundak teman di
depannya.
4.
Semua barisan kelompok berdiri di garis awal yang sudah ditentukan oleh
guru. Setelah diberi aba-aba, semua kelompok akan berlomba berjalan lurus ke
satu arah menuju garis akhir yang sudah diberi tanda oleh guru.
5.
Guru mengulangi kegiatan ini sebanyak dua kali. Siswa yang tadi berdiri
paling depan pindah ke urutan paling akhir, lalu siswa yang berdiri di urutan
kedua maju menjadi siswa yang paling depan.
6.
Setelah kegiatan bermain di luar selesai, siswa dipersilahkan
beristirahat di dalam kelas.
B. Ayo Bercerita
1.
Selesai beristirahat, guru mengajak siswa bermain “Cerita teman” untuk
mengenal lebih dekat teman barunya. Siswa akan berbagi informasi mengenai
nama lengkap dan panggilan teman yang duduk di sebelahnya.
2.
Minta siswa kembali berkumpul bersama teman kelompok yang sama saat
bermain di luar kelas dan membentuk lingkaran.
3.
Guru memberi contoh cara bermain “Cerita teman” (lihat buku siswa
halaman 10) sambil membagikan saputangan ke setiap kelompok.
4.
Setiap kelompok memilih teman yang akan memberi aba-aba dalam permainan
tersebut.
5.
Siswa yang menerima saputangan mengucapkan terima kasih sebelum dan
sesudah mengenalkan teman di sebelah kanannya.
6.
Siswa kedua yang menerima saputangan juga melakukan hal yang sama.
egitu seterusnya sampai semua siswa mendapat giliran.
7.
Siswa yang lain mendengar dan membantu mengoreksi jika ada informasi
yang tidak sesuai.
|
140 menit
|
|
|
||
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Setelah selesai, guru bersama siswa menyimpulkan bahwa semua siswa
mempunyai nama lengkap dan panggilan. Nama-nama mereka semuanya bagus. Adanya
nama membuat kita menjadi saling mengenal.
2. Salam dan do’a penutup
|
15 menit
|
G. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
1.a.
Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual
|
No
|
Tanggal
|
Nama Peserta didik
|
Catatan perilaku
|
Butir Sikap
|
|
1.
|
|
|
Mengerjakan
shalat
berjamaah
|
Taat
beribadah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.b.
Contoh Format Jurnal Sikap Sosial
|
No
|
Tanggal
|
Nama Peserta didik
|
Catatan perilaku
|
Butir Sikap
|
|
1.
|
|
|
Melaksanakan
piket kebersihan kelas
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.c.
Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:
2.
pengetahuan:
- Tes tertulis
(Guru meminta siswa
menyebutkan 5 nama panggilan dan lengkap teman baru di kelas. Selain itu bisa
guru mengembangkan jenis pertanyaan yang akan diberikan, misalnya siswa
menyebutkan nama teman sambil menunjuk orang yang dimaksud atau menyebutkan
ciri-ciri teman tersebut)
Cara penilaian:
Skor penilaian: 0 - 100
Skor maksimal
Contoh:
Misalnya setiap jawaban
benar akan mendapat nilai 2. Jadi, skor maksimalnya adalah 3 x 2 = 6.
Jika siswa hanya
menjawab dengan benar dua soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:
3.
Penilaian keterampilan:
3.a. Penilaian Unjuk kerja: Berjalan lurus ke
satu arah
3.b. Penilaian: Unjuk kerja: Memperkenalkan teman
lewat permainan
H. SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak,
Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman
Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Software
Pengajaran kelas 1 SD/MI dari JGC.
·
Potongan
kertas bertuliskan angka 1-5 sebanyak 3 set atau lebih
Refleksi
Guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
………………………………
NIP. …………………………
|
…………………, ...............
Guru Kelas 1 ,
………………………………
NIP………………………….
|
0 Response to "INFO PENDIDIKAN | RPP TEMATIK KELAS 1 TEMA 1 SUBTEMA 1"