GURU PINTAR TERLINDAS ZAMAN

GURU PINTAR TERLINDAS ZAMAN
Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : EDUCATION

Guru Pintar Terlindas Zaman


Info Pendidikan- Sahabat guru yang membaca judul artikel ini niscaya eksklusif mengerutkan dahinya dengan emotications “marah” dan “sebal”. Saya kira masuk akal dan normal, alasannya judul artikel ini memang seakan meremehkan guru, namun tunggu dulu ya sobat guru sekalian. Jangan ambil kesimpulan dari ya, ada baiknya dibaca hingga selesai terlebih dahulu.
guru cerdas, kreatif, aktif, menyenangkan
Guru Cerdas

Tantangan terbesar guru pada zaman kini ialah hal yang sangat sulit untuk dicegah dengan hal yang konvensional. Kompleksitas tantangan pada periode kini jauh lebih rumit dibandingan dengan zaman sebelumnya. Bukan hanya ihwal beban administrasi, sasaran kurikulum yang harus tercapai, prestasi dan nilai siswa yang setinggi bintang dilangit, dan juga segudang sasaran sekolah yang tertera di RENSTRA dan APBS di sekolah masing-masing. Diluar dari semua itu ada satu dilema besar yang harus di hadapi oleh para pendidik si masa sekarang, yaitu perkembangan Informasi dan Teknologi (IT) yang sangat pesat. Inilah tantangan terbesar guru yang bahwasanya harus dihadapai pada masa sekarang.

Mengapa teknologi dan info menjadi tantangan terbesar bagi guru, bukankah IT justru mempermudah pekerjaan guru?. Tidak bisa dipungkiri memang IT sedikit mempermudah pekerjaan guru dalam hal manajemen dan mencari materi ajar, namun IT sendiri bahwasanya menjadi musuh terbesar juga bagi para pendidik. Coba kita perhatikan di lingkungan sekolah kita, hampir semua siswa mempunyai smartphone, dan bahkan lebih canggih dan mahal dari smartphone gurunya hehehehehe….. Apakah siswa kita selalu memanfaatkan smartphonenya untuk mencari info ihwal materi pelajaran mereka? Anda sudah tahu jawabannya bukan? Kaprikornus tidak perlu aku jawab lagi hehehehehe….

Sebelum membahas lebih jauh sebaiknya kita juga memahami arti dari Teknologi Informasi (TI) terlebih dahulu. Menurut Wikipedia Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) ialah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu insan dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau membuatkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). Jika membaca artinya terang disitu fungsi dari IT ialah membantu atau mempermudah manusia, idealnya memang mirip itu. Namun, tanpa disadari IT malah merusak semangat berguru dari siswa kita. IT malah membuyarkan konsentrasi siswa dikala belajar. Pernahkan sobat guru memperhatikan para siswanya dikala belajar. Maka dari itu guru itu tidak harus berakal melainkan Cerdas dan Kreatif.

Semua sobat guru sudah niscaya tahu dan memahami kiprah pokok dan fungsi dari pekerjaan sebagai guru yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang cerdas dan kreatif tentu akan gampang mencapai level ini. Karena guru yang cerdas dan kratif bisa mengidentifikasi minat berguru siswa di kelasnya dan meracik aneka macam metode pembelajaran semoga sanggup meningkatkan motivasi berguru siswa di kelas. Karena hanya guru yang cerdas dan kreatif yang bisa memberikan materi pembelajaran secara Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif,dan Menyenangkan. Ya, untuk menjawab tantangan Teknologi dan Informasi yang semakin pesat guru seharusnya bisa menerapkan metode pembelajaran tersebut, tujuannya semoga siswa tetap fokus dan tidak merasa bosan dikala mengikuti pembelajaran di kelas. Kaprikornus kesimpulannya ialah memang benar bahwa guru itu seharunya lebih cerdas dan kreatif dibandingkan siswanya.

0 Response to "GURU PINTAR TERLINDAS ZAMAN"