Di Posting Oleh : INFO PENDIDIKAN
Kategori : Disain Pembelajaran Matematika I EDUCATION
Pengenalan Awal Bilangan Cacah di Kelas Rendah Sekolah Dasar - Topik bilangan merupakan Topik Bilangan merupakan salah satu pokok bahasan yang diajarkan dalam pelajaran matematika SD di kelas awal. Bilangan cacah ialah bilangan yang bersesuaian dengan banyaknya obyek dalam sebuah himpunan. Dengan kalimat lain, bilangan cacah merupakan bilangan yang menyatakan banyaknya anggota (kardinal) dari sebuah himpunan sehingga, bilangan cacah merupakan bilangan kardinal. Jika sebuah himpunan tidak mempunyai anggota, maka banyaknya anggota pada himpunan tersebut ialah nol (0). Jika himpunan mempunyai anggota, maka anggota dari himpunan ialah sebanyak 1, 2, 3, ... dan seterusnya.
Bilangan merupakan salah satu konsep matematika yang abstrak. Usaha guru untuk mengenalkan bilangan cacah di kelas awal sekolah dasar perlu dilakukan dengan hati-hati serta mempertimbangkan banyak sekali aspek.
Pembelajaran matematika SD kelas awal (kelas I, II, III) dimulai dari mengenal bilangan dan lambangnya dengan urutan: mengenal bilangan 1 s.d 5, mengenal bilangan 0(nol), mengenal bilangan 6 s.d 10, mengenal bilangan belasan 11 s.d 19, mengenal bilangan 20 s.d 99, dan mengenal bilangan 100 s.d 500. Pengenalan bilangan cacah 0 s.d 10 efektif jikalau dipakai obyek-obyek sehari-hari ibarat contohnya gambar buah-buahan, gambar hewan, gambar alat-alat transportasi, dan lain-lain diadaptasi dengan taraf perkembangan berpikir penerima didik.
Contoh peragaan dengan memakai gambar himpunan obyek. Obyek-obyek yang digambarkan haruslah yang menarik dan yang penting ialah dikenal bersahabat oleh anak yang akan belajar. Peragaan bilangan cacah pada kelas awal sekolah dasar sanggup dilakukan sebagai berikut:
Peragaan Secara Urut
Bilangan merupakan salah satu konsep matematika yang abstrak. Usaha guru untuk mengenalkan bilangan cacah di kelas awal sekolah dasar perlu dilakukan dengan hati-hati serta mempertimbangkan banyak sekali aspek.
Pembelajaran matematika SD kelas awal (kelas I, II, III) dimulai dari mengenal bilangan dan lambangnya dengan urutan: mengenal bilangan 1 s.d 5, mengenal bilangan 0(nol), mengenal bilangan 6 s.d 10, mengenal bilangan belasan 11 s.d 19, mengenal bilangan 20 s.d 99, dan mengenal bilangan 100 s.d 500. Pengenalan bilangan cacah 0 s.d 10 efektif jikalau dipakai obyek-obyek sehari-hari ibarat contohnya gambar buah-buahan, gambar hewan, gambar alat-alat transportasi, dan lain-lain diadaptasi dengan taraf perkembangan berpikir penerima didik.
Contoh peragaan dengan memakai gambar himpunan obyek. Obyek-obyek yang digambarkan haruslah yang menarik dan yang penting ialah dikenal bersahabat oleh anak yang akan belajar. Peragaan bilangan cacah pada kelas awal sekolah dasar sanggup dilakukan sebagai berikut:
Peragaan Secara Urut
Pembelajaran makna bilangan sebagai banyaknya obyek tertentu dalam sebuah kumpulan beserta lambangnya (dalam bentuk angka) dimulai dalam beberapa tahap.
Tahap I : Mengenal dan menulis bilangan 1 s.d 5 sebagai banyaknya obyek dalam sebuah kumpulan
Tahap II : Mengenal Bilangan 0 sebagai kumpulan obyek yang tak mempunyai anggota
Tahap I : Mengenal dan menulis bilangan 1 s.d 5 sebagai banyaknya obyek dalam sebuah kumpulan
Tahap II : Mengenal Bilangan 0 sebagai kumpulan obyek yang tak mempunyai anggota
Tahap III : Mengenal bilangan 11 hingga dengan 20 menurut banyaknya satuan isi/obyek dari sebuah kumpulan.
Tahap IV: Mengenal bilangan cacah hingga 500.
Contoh penunjukan gambar angka-angka, pada mulanya secara urut dari bilangan terkecil,
Tahap IV: Mengenal bilangan cacah hingga 500.
Contoh penunjukan gambar angka-angka, pada mulanya secara urut dari bilangan terkecil,
Setelah siswa mempunyai sense (naluri) perihal bilangan cacah sebagai perwujudan banyaknya obyek dalam sebuah kumpulan dan bisa menyebutkan namabilangan serta menuliskannya maka siswa perlu difasilitasi untuk memahami konsep penjumlahan dan pengurangan serta mengenal teladan bilangan sederhana.
Baca Juga:
Pengenalan Konsep dan Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah di SD
Pengenalan Procept Operasi Pengurangan Bilangan Cacah di Sekolah Dasar
Marsudi Raharjo, Endang Listyani & Sri Wulandari Danoebroto. 2016. Modul Guru Pembelajar: Modul Pelatihan SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi C. Profesional Kajian bilangan cacah dan statistika Di sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Baca Juga:
Pengenalan Konsep dan Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah di SD
Pengenalan Procept Operasi Pengurangan Bilangan Cacah di Sekolah Dasar
Literatur
Marsudi Raharjo, Endang Listyani & Sri Wulandari Danoebroto. 2016. Modul Guru Pembelajar: Modul Pelatihan SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi C. Profesional Kajian bilangan cacah dan statistika Di sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
0 Response to "Info Pendidikan - Pengenalan Awal Bilangan Cacah Di Kelas Rendah Sekolah Dasar"